Resume "Seminar Muslimah: Sucikan Cinta Raih Bahagia" (a Talkshow with Natta Reza & Wardah Maulina) Part II

Setelah baca kisah cinta Natta dan Wardah. Apa hikmah yang bisa temen-temen petik? Buatku, ada beberapa hal yang dapat ditarik dan menjadi fokus dalam proses menuju pernikahan, khususnya untuk akhwat, karena aku akhwat dan memiliki perspektif sebagai bagian darinya dan ikhwan memiliki kemungkinan persepsi pada sudut lain yang mungkin berlawanan.

Fokus tersebut diantaranya adalah:
1. Mulai dengan hal yang baik, ciptakan visi dan niat sungguh-sungguh
2. Perhatikan dapur (Perbanyak sharing dengan orangtua, karena pernikahan bukan hanya tentang kau dan dia tapi menyatukan dua keluarga dengan latar yang berbeda)
3. Biarkan dia (Ikhwan) mengunjungi wali (ayah) mu secara langsung. Lihat keseriusan dan kesungguhannya dalam tahap ini
4. Lakukan istikharah, jodoh bukan sejauh mana kalian saling mengenal karena pernikahan adalah proses perkenalan tanpa akhir, jawaban istikharah tidak selalu lewat mimpi.
5. Segerakan pernikahan, Natta Wardah bertemu "sebatas lihat" di instagram 17 Desember, menikah 17 Februari. Dua bulan yang cukup singkat untuk sebuah proses menuju pernikahan tanpa diawali taaruf panjang (baca: pacaran)

Itu baru sebagian dari banyak kisah yang menginspirasi, kita simpan baik-baik ilmunya dan belajar untuk tanamkan niat yang sesuai untuk meraih ridho Allah.

Dor, jangan ngelamun dulu!!
Kita lanjut ke resume kedua, kita bahas hijrahnya Natta Reza.

Aku tanyakan titik balik dimana Natta yang katanya dulu seorang anak band, dengan kesibukkannya di dunia entertain bisa berubah menjadi seorang Natta Reza yang kita kenal sekarang, dengan inspirasi dan kebaikan yang ada pada dirinya.

Saat itu Wardah katakan, "jangan lihat seseorang dari masa lalu nya". Jelas, kita hidup sekarang menuju masa depan. Seseorang mungkin pernah salah dan berdosa di masa lalu tapi ia masih memiliki kesempatan untuk berubah dan waktunya adalah sekarang.

Teringat pesan seorang murabiyah, "Perubahan itu perlu proses, dan proses itu perlu waktu. Tapi, waktu kita terbatas." Ngerti kan maksudnya apa? Jangan menunda proses untuk berusaha merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik. Ada yang katakan, "menjadi baik itu baik," boleh jadi kita belum baik, tapi kita berjalan ke arah itu. Bukankah manusia, dilihat akhir hayatnya? Khusnul atau Su'ul Khatimah? Pilih mana?

Nah, balik lagi ke Natta Reza, ya, dulu dia anak Band dan bandnya sudah berada hampir pada puncak popolaritas. Tapi sesuatu terjadi dan membubarkan visi yang pernah terbangun bersama, band nya bubar. Itulah kenapa menurut Natta "Kita harus banyak berteman dengan mereka yang soleh dan soleha. Karena mereka takkan meninggalkan kita disaat kita jatuh." Natta mengenang seorang sahabatnya yang membantu Natta melewati saat sulit dihidupnya. Kehidupan lama yang penuh cita dan nafsu dunia berubah menjadi kehidupan yang mengarah ke arah akhirat.

Hijrah memerlukan proses dan jangan lupa pada kesantunan berhijrah. Apa maksudnya kesantuan hijrah? Kesantunan hijrah merupakan esensi daripada hijrah itu sendiri. Hijrah bukan hanya perubahan penampilan tapi esensinya, konteksnya, isinya. Wanita menutup aurat itu adalah kewajiban baginya, tapi cadar itu sunnah. Sebelum bertemu Wardah, Natta memiliki niat, menginginkan wanita yang menutup aurat dengan sempurna untuk dijadikan istri dan ternyata Allah memberi lebih dari itu.



Komentar

Postingan Populer